Minggu, 02 November 2014

Semut yang Sabar

   Dikisahkan di sebuah hutan,terdapat sebuah desa.Desa itu dihuni oleh berbagai binatang.Di desa tersebut,hewannya senang bermain bersama.Tetapi,ada satu hewan yang tidak pernah bermain bersama hewan hewan lainnya yaitu semut.Semut itu tidak pernah diajak bermain oleh temannya karena temannya takut kalau si semut menggigit tubuh temannya,badannya akan terasa gatal.
   Pada pagi hari,ada seekor belalang yang melihat semut tersebut di pinggir sungai. Belalang tersebut kemudian bertanya,"Hai semut,mengapa engkau tidak bermain bersama teman-temanmu?".Lalu semut pun menjawab,"Hai belalang,aku tidak main bersama mereka karena mereka takut aku akan menggigit tubuh mereka sehingga badan mereka menjadi gatal.Padahal,belum tentu aku akan menggigit mereka".Setelah mendengar jawaban semut,belalang menjawabnya,"Oh jadi begitu,kalau begitu aku mau berteman denganmu." jawab belalang. "Benarkah?Memangnya kau tidak takut kalau aku akan mengigitmu?" tanya semut."Tentu tidak,aku yakin kalau kau tidak akan mengigitku." jawab belalang.Akhirnya,mereka bermain bersama.Kemudian,hewan hewan lain melihatnya.Lalu mereka berkata "Hai belalang,mengapa engkau bermain dengan semut?Mengapa engkau tidak bermain dengan kami saja?Apakah engkau tidak takut kalau semut akan menggigitmu?". "Aku tidak takut.Aku yakin kalau semut tidak akan menggigitku." jawab belalang.Mendengar perkataan hewan hewan lain berkata seperti itu,ia bersedih,lalu ia pulang kerumahnya.
   Pada malam harinya,terdengar suara aduh di desa tersebut.Ternyata,desa tersebut kedatangan seekor harimau yang sedang mencari mangsa.Suasana di desa tersebut sangat kacau.Hewan hewan yang ada,belari ketakutan.Semut pun cepat berpikir bagaimana agar harimau tersebut pergi.Kemudian,ia mencari belalang dan mereka mencari semut dan belalang lainnya agar semut dan belalang dapat menggigit harimau tersebut.Keluarga semut dan belalang itu berkumpul di tengah kekacauan di desa itu.Kemudian,semut pun berteriak,"Serang!!!".Lalu keluarga semut dan belalang itu langsung menggigit tubuh harimau tersebut.Harimau menangis kegatalan.Ia langsung pergi dan desa itu tetap aman.
   "Hore!!!".Teriak kegembiraan di desa  itu.Mereka merasa bersalah karena merek telah berburuk sangka terhadap semut dan mereka merasa bersalah juga terhadap belalang karena mengejeknya karena ia berteman dengan semut.Sekarang semut mempunyai banyak teman berkat kesabarannya.Dan sekarang semut tidak kesepian lagi.


Karya : Tiara Reza Hanindita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar